23.5.14

Memahami Pola Sistem Informasi Manajemen

Perlu dikaji bahwa manajemen dan organisasi bukan tujuan tetapi hanya merupakan alat dan wadah saja tetapi harus diatur dengan sebaik-baiknya. Karena jika manajemen dan organisasi ini baik maka tujuan optimal perusahaan dapat diwujudkan dan pemborosan terhindar dan semua potensi yang dimiliki akan lebih bermanfaat. Untuk itu dibutuhkan pendekatan pusat komunikasi informasi. Dengan adanya komunikasi yang teratur dan sistematis serta informasi antara manajer dan bawahan sehingga manajemen dapat terlaksana dengan baik dan manajer dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
Pada hakekatnya informasi manajemen adalah merupakan asset perusahaan yang perlu mendapat asumsi mengenai jalan kerjanya. Pada masa lalu program kerja bersifat mengatasi kecelakaan yang sudah terjadi tetapi dengan adanya sistem informasi manajemen maka sekarang lebih bersifat preventif yakni memperkirakan apa yang akan terjadi.
Mengingat penggunaan media informasi sangat diutamakan untuk berbagai aspek dan kalangan terutama bagi suatu perusahaan dalam menjalankan dan mengatur perusahaannya. Informasi dapat disajikan dalam bentuk kalimat, paragraph, atau wacana. Disamping itu penyajian informasi juga sering dilakukan dalam berbagai bentuk seperti tabel, grafik, jadwal, denah, dll. Sistem informasi manajemen sebagai suatu badan memiliki bagian-bagian yang melaksanakan tugas-tugas tertentu seperti pengumpulan data, penyimpan data, pemroses data dan pemrogram data.
Teknologi internet juga telah lama masuk ke berbagai kegiatan baik bisnis, pendidikan serta pemerintahan. Berbagai layanan internet serta informasi telah tersaji denga jelas. Untuk mencari berbagai litelatur, anda cukup datang ke warnet. Untuk melakukan transaksi perbankan cukup dikantor tanpa harus ke bank.
Komputer juga sering dijuluki sebagai mesin ajaib. Berkat komputer seseorang dapat menguangkan cek di bank, walaupun malam hari. Pemilik bank tak usah khawatir terhadap pemalsuan tanda tangan sebab komputer dapat melacak setiap tanda tangan. Komunikasi jarak jauh tidak harus dilakukan via telepon namun dapat juga dilakukan dengan E-mail, chatting atau VO IP. Berdasarkan hal-hal tersebut, memasuki era globalisasi ini sekolah-sekolah atau kursus-kursus komputer dibuka dimana-mana. Sehingga kita dapat dengan mudah mengakses pemnbelajaran tantang sitem informasi manajemen apa dan yang bagaimana yang diperlukan.